dermatitis alergi pewangi

Pewangi adalah penyebab dermatitis kontak alergi (DKA) kosmetik yang tersering. Uji tempel standar di Eropa meliputi fragrance mix dan balsam of Peru, sedangkan di Amerika Serikat meliputi balsam of Peru dan cinnamic aldehyde. Selain uji tempel dengan bahan standar, ada 17 bahan kimia lain yang termasuk seri parfum.
INSTRUKSI KHUSUS BAGI PASIEN YANG PEKA TERHADAP PEWANGI
Yang paling sederhana adalah menghindari semua produk yang mengandung pewangi. Di AS kosmetik dan sabun yang mengandung pewangi diberi tanda sehingga pasien dapat mencari produk yang bebas pewangi (fragrance free). Pasien juga dapat dianjurkan untuk memilih produk berdasarkan trial and error dengan cara repeat open application test. liasanya parfum dapat ditolerir bila dioleskan pada baju atau rambut. ecara umum produk dengan pewangi yang wash off dapat ditolerir karena waktu pajanan yang relatif singkat.
Masalah utama bagi pasien adalah adanya kandungan pewangi pada produk-produk yang tidak diduga, misalnya obat bebas, obat dengan resep dokter dan sistem pewangi lingkungan pada hotel dan perkantoran.

PAJANAN YANG TIDAK LAZIMTERHADAP PEWANGI
• Pajanan sistemik
Dermatitis kontak sistemik terjadi akibat pajanan sistemik alergen secara ingesti, inhalasi, penetrasi per kutan atau suntikan pada pasien yang telah tersensitasi melalui kontak kulit. Baboon syndrome (erupsi eritem pada bokong, paha bagian dalam dan aksila) sering salah di-diagnosis sebagai DKA akibat tekstil atau dermatitis seboroik. Erupsi yang khas ini adalah akibat alergen yang masuk secara ingesti, inhalasi, injeksi atau topikal.
Balsam of Peru
Sensitisasi terhadap zat ini mengakibatkan pasien peka terhadap rasa kulit jeruk, coca cola, coklat, vermouth dan minyak kayu manis.
Benzil alkohol
Zat ini merupakan bahan bakteriostatik yang sering terdapat pada obat suntik yang premixed atau pelarut obat parenteral. Bahan kimia pewangi i dapat menimbulkan hipersensitivitas tipe cepat maupun larribat.
Mentol
Pernah dilaporkan pasien dengan urtikaria kronik akibat mentol, setelah pemakaian pembersih make up dan sigaret mentol.
• Erupsi berpigmen
Dermatitis kontak-foto akibat musk ambrette telah cukup dikenal. Pernah dilaporkan pasien dengan airborne pigmented contact dermatitis akibat musk ambrette pada kemenyan. Pada mass sekarang, sebagian besar parfum dengan minyak bergamot mengandung jenis yang bebas ber¬gapten, sehingga reaksi fototoksik berkurang. Namun pada suatu penelitian, 21% dari 108 parfum yang dipilih secara acak masih mengandung bergapten dengan kadar 10 ppm atau lebih.
Bila ditemukan pasien dengan pigmentasi yang berbatas tidak tegas dan menetap pada wajah dan leher, perlu diingat kemungkinan akibat bahan kimia yang bersifat fototoksik atau parfum berkadar rendah di dalam kosmetik.

• Dermatitits akibat pembalut wanita dan produk kertas lain
Dermatitis pada vulva atau bagian tubuh lain dapat diakibatkan oleh cin¬namic alcohol dan cinnamic aldehyde yang terdapat pada pewangi pembalut wanita atau tissue.
• Dermatitis ostomi
Timbulnya dermatitis di sekitar ostomi dapat diakibatkan oleh minyak serai yang terdapat dapat pasta ostomi.
• Consort dermatitis
Pernah dilaporkan seorang wanita mengalami dermatitis pada leher dan dada akibat after shave lotion suaminya yang mengandung oak moss,
• Deterjen dengan pewangi jeruk
Deterjen ini bersifat iritan primer yang temperature-dependent akibat adanya chemical citral. Reaksi terhadap bahan kimia ini dapat dihindari dengan penggunaan air dingin saat mencuci Airing.
• Wash-off product
Sabun, sampo dan pasta gigi secara umum tidak menyebabkan reaksi, namun reaksi dapat timbul bila pewangi terdapat dalam kadar yang tinggi. Umumnya sampo dengan pewangi dapat dipakai walaupun pasien tersebut sensitif terhadap komponen di dalamnya. Hal ini dimungkinkan karena kontaknya dengan kulit sangat singkat.
• Pajanan lingkungan
Sebuah perusahaan di Jepang telah menciptakan suatu sistem yang mengalirkan pewangi melalui saluran ventilasi perkantoran. Diyakini bahwa aroma tertentu dapat mempengaruhi keadaan mental pekerja di ruangan tersebut. Akibatnya kita harus waspada terhadap kemungkinan terjadinya airborne exposure dari pewangi melalui sistem ventilasi.
MASH DEPAN
The International Fragrance Association secara berkala menerbitkan petunjuk tentang pewangi yang tidak boleh digunakan dan yang boleh digunakan dalam konsentrasi rendah. Dengan pengetahuan yang telah ada, dapat dibuat relatively low allergenic parfume dengan meniadakan bahan pewangi yang menyebabkan alergi atau memakainya dengan konsentrasi di bawah ambang rangsang.
Di Amerika Serikat, cosmetic labelling sangat membantu konsumen untuk menentukan apakah suatu kosmetik mengandung pewangi atau mask¬ing perfume.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: