Binahong tanaman liar tapi kaya khasiatnya


Tumbuhan ini tumbuh secara merambat, masyarakat memanfaatkannya untuk membantu proses penyembuhan beragam penyakit seperti mengeringkan luka,menghilangkan pegal linu dan menambah kesegaran.

Tidak percaya coba lah mengunyah 3-4 lembar daun binahong yang masih segar dan bersih,maka pegal linu akan hilang dan tubuh kembali segar.

Para pendaki gunung sudah sering mencoba nya dan sering dicampurkan pada waktu membuat mie instan juga teh panas.

Ditoko Obat china,kapsul binahong  atau sebutan di dataran china dengan tanaman Dheng San Chi banyak dicari untuk mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka seperti luka habis operasi,kecelakaan dan beberapa menggunakan nya untuk  membantu mengeringkan luka kaki diabet.

Dan saat ini banyak bermunculan kapsul Binahong dengan berbagai merk

Jika masih mahal, tak ada salahnya kita  menanam sendiri sekaligus melengkapi koleksi tanaman obat kita di rumah. Selain mudah ditanam, seluruh bagian tanaman binahong, mulai dari akar, batang, hingga daunnya, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan

dahulu kala  perang kemerdekaan  lalu, tentara sekutu dan belanda terheran-heran, bagaimana bisa tentara kita terlihat segar bugar meski sebelumnya terluka parah. Setelah ditelusuri, obat mujarab untuk menyembuhkan luka luar maupun dalam akibat tembakan maupun goresan senjata tajam adalah binahong.

Literatur pendukung (belum ada)
khasiat binahong telah diakui, tetapi tidak secara ilmiah.
tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan Madeira Vine ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi dan antivirus.
Secara alami binahong atau Anredera Cordifolia merupakan jenis tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang kurang lebih lima meter. Berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.
Daunnya termasuk jenis tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm. Helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan aman untuk dikonsumsi.
Bunganya majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5-1 cm, berbau harum. Akarnya berbentuk rimpang, berdaging lunak.

Beberapa contoh ramuan binahong yang dapat Kita coba, di antaranya:

• Cara paling mudah memanfaatkan binahong adalah dengan merebusnya atau sebagai campuran saat memasak mi instan dan dimakan langsung sebagai lalapan. Tentu saja, terlebih dulu binahong dicuci bersih di air yang mengalir.

• Daun, akar, dan batangnya digunakan sebagai obat. Dapat memulihkan stamina yang loyo, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam. Pemakaian dalam: umbi binahong dicuci bersih, direbus, saring airnya. Minum 2-3 kali sehari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, tifus. Bisa juga akar dikeringkan, ditumbuk halus, masukkan ke dalam kapsul, lalu diminum 3 kali sehari.

• Pemakaian luar: daun dan batang ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Efektif menyembuhkan memar, rematik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

• Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu bila suka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: